Laman

Kamis, 03 Desember 2015

Kayu Joho / kayu Jaha / Terminalia Bellirica

MENGUNGKAP KAYU- KAYU BERKHASIAT

Kayu Joho / kayu Jaha / Terminalia Bellirica

Kayu Joho / kayu Jaha / Terminalia Bellirica
Kayu joho adalah kayu yang terlihat kotor dan jorok. Karena sepanjang batangnya biasanya ditumbuhi tumbuhan sejenis anggrek (bukan anggrek) dan keberadaan tumbuhan yang menumpang ini tumbuh subur dan lebat. Kayu joho mempunyai warna coklat pada kayu dan lebih kehitam- hitaman pada terasnya.


Nama Latin : Terminalia Bellirica
Pohon Joho termasuk tanaman yang langka keberadaannya, pohonnya mencapai ketinggian sampai 50 meter.
Pada batangnya biasa ditumbuhi oleh tanaman simbar-simbar, dan tumbuhan ini mampu bertahan hidup didaerah yang sangat kering dengan usia mencapai ratusan tahun.
Pohon Joho dipercaya merupakan pohon yang disukai oleh bangsa jin dan siluman sebagai tempat tinggalnya, dan daerah sekitarnya biasanya dijadikan wilayah kerajaannya......, maka tak heran tempat tersebut menjadi wingit.........!!!.

Buah Joho biasa dimanfa'atkan sebagai ramuan herbal untuk urus-urus, obat cacing, asma dan pereda kejang.

  • Urus-urus : -/+ 3 gram buah joho, digoreng sangan lalu ditumbuk halus, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, setelah dingin diminum sekaligus.


Dalam dunia supernatural Kayu Joho diyakini bisa dijadikan media dalam pemanggilan makhluk-makhluk halus, dan orang yang membawa kayu ini akan disukai oleh makhluk-makluk halus.........!!!.

Kayu ini biasanya terdapat di pegunungan dan keberadannya sudah sangat jarang bisa ditemukan. Pengembangbiakannya sangat sulit. Karena pohon ini tidak berbuah dan sangat jarang bisa menanam dan bisa hidup dengan usia lama. Kayu ini biasa menjadi tempat tinggal makhluk halus yang berwatak jahat (genderuwo).

Kayu ini dimanfaatkan sebagai penambah hidangan sesaji dengan membakar kayu di dekat kemenyan atau dupa. Kayu joho mempunyai keunikan yaitu selalu disinggahi dan ditumbuhi oleh tumbuh- tumbuhan kecil yang menumpang tetapi tidak merusak makanan pohon itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!
AKU CINTA NUSANTARAKU