primbon


Web Site Hit Counters

Sejak:17 Agustus 2013
DAFTAR SAHABAT YG MASUK The truth seeker
Tidak harus menjadi yang pertama,yang penting itu menjadi orang yang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati.


Disclaimer:Artikel,gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain,
dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut.Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama,
mohon beritahu kami
e-mail primbondonit@gmail.com HOTLINE atau SMS 0271 9530328

GAMBAR-GAMBAR dibawah ini BUKAN HANYA IKLAN tapi merupakan LINK SUMBER




Bagi sebagian masyarakat yang mengklaim diri sebagai masyarakat peradaban modern,westernism bahkan sebagian yang mengesankan perilaku agamis yakni hanya bermain-main sebatas pada simbol-simbol agama saja tanpa mengerti hakekatnya,dan kesadarannya masih sangat terkotak oleh dogma agama-agama tertentu.Manakala mendengar istilah mistik,akan timbul konotasi negatif.Walau bermakna sama,namun perbedaan bahasa dan istilah yang digunakan,terkadang membuat orang dengan mudah terjerumus ke dalam pola pikir yang sempit dan hipokrit.Itulah piciknya manusia yang tanpa sadar masih dipelihara hingga akhir hayat.Selama puluhan tahun,kata-kata mistik mengalami intimidasi dari berbagai kalangan terutama kaum modernism,westernisme dan agamisme.Mistik dikonotasikan sebagai pemahaman yang sempit,irasional,dan primitive.Bahkan kaum mistisisme mendapat pencitraan secara negative dari kalangan kaum modern sebagai paham yang kuno,Pandangan itu salah besar.Tentu saja penilaian itu mengabaikan kaidah ilmiah.Penilaian bersifat tendensius lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri,kepentingan rezim,dan kepentingan egoisme(keakuan).Penilaian juga rentan terkonaminasi oleh pola-pola pikir primordialisme dan fanatisme golongan,diikuti oleh pihak-pihak tertentu hanya berdasarkan sikap ikut-ikutan,dengan tanpa mau memahami arti dan makna istilah yang sesungguhnya.Apalagi dalam roda perputaran zaman sekarang,di mana orang salah akan berlagak selalu benar.Orang bodoh menuduh orang lain yang bodoh.Emas dianggap Loyang.Besi dikira emas.Yang asli dianggap palsu,yang palsu dibilang asli.Semua serba salah kaprah,dan hidup penuh dengan kepalsuan-kepalsuan.Untuk itulah Warisjati merangkum beragam artikel dari beberapa sumber tentang pengetahuan Budaya dan tradisi di Nusantara yang merupakan warisan para leluhur yang sarat akan makna dan berbagai artikel lainnya yang saling melengkapi.Dengan harapan membangun sikap arif dan bijaksana dan mengambil pelajaran serta pengetahuan dari budaya masa lalu sebagai warisan leluhur di Nusantara ini.

ORANG YANG DENGAN MUDAHNYA MENGATAKAN SESAT KEPADA SESEORANG
ADALAH ORANG YANG TIDAK atau BELUM PAHAM AKAN DIRINYA SENDIRI



Rabu, 02 Juli 2014

Manfaat Serai atau sereh dan Serai Merah "Sereh Wangi"


Manfaat Serai atau sereh dan Serai Merah "Sereh Wangi"

Ciri2 fisik dr tanaman ini adl pertumbuhannya berumpun terdiri dr beberapa bonggol tunas. Warna batang hijau tua dan merah keunguan.

Serai atau sereh, umumnya dikenal sebagai tumbuhan biasa yang akar dan batangnya sering dipakai sebagai rempah penyedap masakan. Padahal, minyak asiri dalam tanaman ini banyak dipakai dalam industri kosmetik untuk pembuatan parfum dan sabun. Sereh Manfaat Sereh Bagi Kesehatan - Serai atau dalam bahasa latinnya disebut Cymbopogon ciatrus adalah genus yang berisi sekitar 55 spesies rumput. Tumbuhan ini bisa tumbuh subur di cuaca hangat dan mencapai ketinggian sekitar 2 sampai 4 meter. Tanaman serai dipergunakan dalam berbagai kebudayaan. Bagian dari tanaman ini yang bisa dipakai untuk herbal meliputi akar, batang, dan daunnya. 

Nah berikut beberapa khasiat serai yang belum banyak diketahui:

  • Mencegah kanker Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti dari University Gurion di Israel menemukan senyawa dalam tubuh serai yang bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat
  • Obat gangguan pencernaan Teh yang mengandung serai membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus dan diare. Serai juga membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.
  • Detoksifikasi Serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah disingkirkan.
  • Manfaat pada sistem saraf  Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.
  • Menurunkan tekanan darah Serai efektif dalam mengurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi. - Sebagai analgesik Serai meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan sakit dan nyeri. Jadi jika Anda mengalami sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri, teh lemon pasti bisa membantu.
  • Kulit indah Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan. - Kesehatan wanita Konsumsi teh yang diberi serai mungkin akan membantu mengurangi nyeri haid dan rasa mual.
Serai Sayur (Berwarna Putih Kehijauan)
Serai Wangi "Sereai Merah" (Berwarna Putih Kemerah merahan)



Manfaat Sereh Wangi (Sereh Merah)
Sereh ada dua macam, satu Sereh biasa untuk menyayur dan yang kedua sereh wangi yang sangat berguna untuk kesehatan. 
Sereh wangi bisa dijadikan minyak urut. Untuk tanaman sereh wangi (Cymbopogon nardus L.,) dalam dunia perdagangan dikenal dua tipe minyak sereh wangi, yaitu : Tipe Ceylon dan tipe Jawa (Indonesia). 

Tipe Ceylon kebanyakan diproduksi di Srilanka, sedangkan tipe Jawa diproduksi selain di jawa juga dibeberapa negara lain seperti Cina, Honduras dan Guatemala. 
Sereh wangi tipe Ceylon
Sereh wangi tipe Jawa
Mutu Minyak sereh wangi tipe Ceylon tidak dapat menyaingi mutu tipe Jawa. Daerah penanaman dn produksi minyak sereh wangi di Indonesia terutama di Jawa, khususnya di Jabar dan Jateng. Menurut data Stastistik, daerah yang mengembangkan sereh wangi hanya di Riau, Jabar, Jateng, Kalbar dan Sulsel. Pangsa produksi minyak sereh wangi Jabar & Jateng mencapai 95 % dari total produksi Indonesia. 

Daerah sentra produksi di Jawa Barat adalah : Pandeglang, Bandung, Sumedang, Ciamis, Cianjur, Lebak, Garut dan Tasikmalaya. Untuk wilayah di Jawa Tengah adalah Cilacap dan Pemalang. (Berbagai media terkait, Litbang Kementan, data diolah F. Hero K. Purba)

Komoditi untuk Minyak atsiri sereh wangi merupakan bahan alami yang mudah terurai sehingga aman terhadap lingkungan dan produk pertanian. Selain itu mudah didapatkan di pasar karena banyak usaha rumah tangga yang bergerak dalam bidang produksi minyak atsiri sereh wangi, memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding dengan bahan pestisida sintetik, serta mudah dalam pengaplikasian sehingga dapat dilakukan oleh setiap orang.

Sebagai pengendali hama, minyak atsiri sereh wangi bekerja sebagai bahan penolak. Mekanismenya adalah mengacaukan aroma penarik yang dikeluarkan tanaman inang sehingga pergerakan hama menuju tanaman inang tersebut dapat dialihkan. Minyak ini juga sebagai bahan penghambat makan dimana minyak atsiri sereh wangi yang diaplikasikan pada tanaman inang mampu menekan peran bahan perangsang makan yang dihasilkan tanaman tersebut dan menimbulkan ketidaksukaan sehingga konsumsi hama pada tanaman inang menjadi jauh berkurang. Akibatnya pertumbuhan hama dan perkembangan populasi menjadi terhambat.

Indonesia yang kaya akan keanekaragaman hayati menghasilkan 40 jenis dari 80 jenis minyak atsiri yang diperdagangkan dipasar dunia. Dari jumlah tersebut, 13 jenis telah memasuki pasar atsiri dunia, yaitu nilam, serai wangi, cengkih, jahe, pala, lada, kayu manis, cendana, melati, akar wangi, kenanga, kayu putih, dan kemukus. 

Di Indonesia secara umum tanaman sereh dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu: sereh Lemon atau sereh bumbu (Cymbopogon citratus) dan sereh Wangi atau sereh sitronella (Cymbopogon nardus). Umumnya kita tidak membedakan nama sereh wangi dan sereh Lemon, meskipun kedua jenis ini mudah dibedakan. 

Sereh Wangi di Indonesia ada 2 jenis yaitu : 
jenis mahapengiri dan jenis lenabatu. Maha pengiri dapat dikenal dari bentuk daunnya lebih pendek dan lebih luas daripada daun lenabatu. Dengan destilasi jenis ini memberikan hasil minyak yang lebih tinggi dari pada lenabatu, juga kwalitasnya lebih baik, artinya kandungan geraniol dan sitronellelal lebih tinggi dari pada lenabatu. Demikian pula, mahapengiri memerlukan tanah yang lebih subur, hujan yang lebih banyak, pemeliharaan yang lebih baik dari pada lenabatu. 

Untuk Pertama kali di Eropa mengenai minyak sereh ditulis oleh Nicolaus Grimm, yaitu seorang tabib tentara yang belajar obat-obatan di Colombo pada akhir abad 17. Grimm menamakan rumput yang menghasilkan minyak tersebut Arundo Indica Odorata. Pengiriman dari “Olium Siree” yang pertama sampai di Eropa adalah pada awal abad 18, pada waktu itu minyak tersebut kelihatannya hanya sedikit diekspor. Berdasarkan data untuk perkiraan pemakaian dunia pada tahun 2010 lebih dari 2000 ton / tahun. Indonesia adalah produsen ketiga dunia setelah Cnia dan Vietnam. Beberapa  negara yang selalu aktif membeli sereh wangi Indonesia antara lain adalah Singapura, Jepang, AS, Australia, Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, India, dan Taiwan. 

Dengan pembeli utama adalah AS, Perancis, Italia, Singapura dan Taiwan. Volume ekspor minyak sereh wangi relatif kecil, yakni sebesar 115,67 ton dengan nilai US$ 701,0 pada tahun 2004. Adapun Minyak sereh dengan wangi grassy-citrus yang hangat dikenal sebagai deodorant alami. 

Kehangatan dan kesegarannya mempunyai manfaat aromaterapi. Minyak sereh juga bersifat anti serangga dan mampu mengurangi gatal pada kulit. Potensi pemanfaatan pengolahan atsiri sereh wangi yang sangat potensial dalam pengembangan pasar lokal dan ekspor. 

22 komentar:

  1. Manfaat Tersembunyi Daun serai Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    BalasHapus
  2. Saya punya tanaman sirih merah atau sirih wangi. Bagaimana cara memanfaatkannya untuk obat? Mohon arahan dan petunjuk. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Yati Rachmat, bagaimana cara mendapatkan bibit sereh merah nya, bu?

      Hapus
    2. rizkha destianri, terima kasih untuk pertanyaannya. Kalau berkenan bisa bunda kirimkan gratis koq. Ini bunda belum dapat jawaban bagaimana cara pengolahannya agar bisa diminun untuk kesehatan.

      Hapus
    3. Bu yati, saya perlu sekali sereh merahnya bu. Bagaimana cara menghubungi ibu? 088802305055

      Hapus
    4. Sy jg perlu sereh merah itu.. Bagaimana saya dptkn itu bu?, mksh

      Hapus
  3. Saya jual Seri merah Bagi Yg minat hub 5a5ff470

    BalasHapus
  4. Saya jual Seri merah Bagi Yg minat hub 5a5ff470

    BalasHapus
  5. Mohon arahan dan jawaban atas pertanyaan saya tentang cara mengolah sereh atau serai merah/serai wangi sebagai minuman untuk kesehatan. Yang ada di blog ini seluruhnya tentang khasiat minyak astiri dari serai merah. Mohon bantuan anda untuk jawaban. Terima kasih banyak. Siapa tau ada manfaat untuk kakak saya yang sedang sakit lemah letih lesu dan lunglai, sehingga tidak mampu berdiri tanpa bantuan. Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Sekedar sharing aja bu, semoga dapat membantu.
    Berikut cara mengolahnya :
    Pertama2 cuci dahulu 5-7 batang serai merah/serai wanginya. Setelah bersih ambil bagian bawah sampai dengan ujung batang(daunnya tidak perlu digunakan). Sediakan air sebanyak 600ml(3gelas) untuk direbus. Rebus airnya hingga mendidih, kemudian masukan 5-7batang serai merah kedalam air yg sudah mendidih. Diamkan air sampai dengan menjadi 200ml(1gelas).

    NOTE : sebelum memasukan batang serai merah geprek/tumbuk dahulu batang serainya(seperti bawang putih buat nasi goreng/lainnya).

    Oh iya bu,
    Saya perlu sekali juga serai merah ini bu, gimana cara menghubungi ibu ya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Kalau mau beli dimana yaa daerah surabaya butuh cepat

    BalasHapus
  8. Kalau mau beli dimana yaa daerah surabaya butuh cepat

    BalasHapus
  9. Di kebon ane banyak tuch..
    Minat, dateng aja ke cikarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamat nya dimana ya pak? saya butuh

      Hapus
    2. Mba, butuh banyak serai merah? Mudah2an....insya alloh saya bisa bantu. Kontak aja WA saya. Nanti kan bisa dipaketin via JNE.

      Hapus
    3. Kontak WA saya, Dul 0838-0706-8090

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Saya jg berhasil menanam sere merah,,,asik,ternyata banyak jg penggemar sere merah,

    BalasHapus
  12. Saya jg berhasil menanam sere merah,,,asik,ternyata banyak jg penggemar sere merah,

    BalasHapus
  13. Saya butuh serai merah untuk pengobatan,, saya di kalibata,, jaksel.
    Semoga ada yg bisa bantu.
    WA 085693957071

    BalasHapus
  14. Saya jual sereh wangi minat hub. 081646019745

    BalasHapus
  15. Bu, saya mau donk serai merahnya. Ibu kirim darimana?

    BalasHapus

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!
AKU CINTA NUSANTARAKU

KEBERLANGSUNGAN

Sedekah(Bisa Menunda Kematian)
KLCK aja ICON dibawah untuk Baca berita
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...