primbon


Web Site Hit Counters

Sejak:17 Agustus 2013
DAFTAR SAHABAT YG MASUK The truth seeker
Tidak harus menjadi yang pertama,yang penting itu menjadi orang yang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati.


Disclaimer:Artikel,gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain,
dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut.Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama,
mohon beritahu kami
e-mail primbondonit@gmail.com HOTLINE atau SMS 0271 9530328

GAMBAR-GAMBAR dibawah ini BUKAN HANYA IKLAN tapi merupakan LINK SUMBER




Bagi sebagian masyarakat yang mengklaim diri sebagai masyarakat peradaban modern,westernism bahkan sebagian yang mengesankan perilaku agamis yakni hanya bermain-main sebatas pada simbol-simbol agama saja tanpa mengerti hakekatnya,dan kesadarannya masih sangat terkotak oleh dogma agama-agama tertentu.Manakala mendengar istilah mistik,akan timbul konotasi negatif.Walau bermakna sama,namun perbedaan bahasa dan istilah yang digunakan,terkadang membuat orang dengan mudah terjerumus ke dalam pola pikir yang sempit dan hipokrit.Itulah piciknya manusia yang tanpa sadar masih dipelihara hingga akhir hayat.Selama puluhan tahun,kata-kata mistik mengalami intimidasi dari berbagai kalangan terutama kaum modernism,westernisme dan agamisme.Mistik dikonotasikan sebagai pemahaman yang sempit,irasional,dan primitive.Bahkan kaum mistisisme mendapat pencitraan secara negative dari kalangan kaum modern sebagai paham yang kuno,Pandangan itu salah besar.Tentu saja penilaian itu mengabaikan kaidah ilmiah.Penilaian bersifat tendensius lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri,kepentingan rezim,dan kepentingan egoisme(keakuan).Penilaian juga rentan terkonaminasi oleh pola-pola pikir primordialisme dan fanatisme golongan,diikuti oleh pihak-pihak tertentu hanya berdasarkan sikap ikut-ikutan,dengan tanpa mau memahami arti dan makna istilah yang sesungguhnya.Apalagi dalam roda perputaran zaman sekarang,di mana orang salah akan berlagak selalu benar.Orang bodoh menuduh orang lain yang bodoh.Emas dianggap Loyang.Besi dikira emas.Yang asli dianggap palsu,yang palsu dibilang asli.Semua serba salah kaprah,dan hidup penuh dengan kepalsuan-kepalsuan.Untuk itulah Warisjati merangkum beragam artikel dari beberapa sumber tentang pengetahuan Budaya dan tradisi di Nusantara yang merupakan warisan para leluhur yang sarat akan makna dan berbagai artikel lainnya yang saling melengkapi.Dengan harapan membangun sikap arif dan bijaksana dan mengambil pelajaran serta pengetahuan dari budaya masa lalu sebagai warisan leluhur di Nusantara ini.

ORANG YANG DENGAN MUDAHNYA MENGATAKAN SESAT KEPADA SESEORANG
ADALAH ORANG YANG TIDAK atau BELUM PAHAM AKAN DIRINYA SENDIRI



Rabu, 02 Juli 2014

Kandungan dan Manfaat Buah Kesemek (TLEDUNG)


Kandungan dan Manfaat Buah Kesemek(TLEDUNG)

Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros.Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki,atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental(Chinese/Japanese)persimmon.Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki.(‘Kaki’,bahasa Jepang,adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).
Asal-usul dan penyebaran
Kesemek berasal dari Republik Rakyat Tiongkok,yang kemudian menyebar ke Jepang pada zaman purba dan dikembang biakkan di sana.Belakangan buah ini menyebar ke bagian lain Asia,dan pada masa kolonial pada tahun 1800an dibawa ke Eropa selatan dan Amerika(Kalifornia).


Buah ini cukup penting dalam tradisi Tiongkok dan Jepang,sehingga nilai komersialnya tinggi di sana.Kini komersialisasi produksi kesemek telah merembet dan meluas ke Selandia Baru,Australia dan Israel.Ekspor dari Israel inilah yang dinamai sebagai Sharon fruit.

Di Indonesia,Malaysia dan Thailand,produksi kesemek umumnya hanya cukup untuk konsumsi lokal.Sumatera Utara,khususnya wilayah Brastagi,di waktu lalu pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura;namun kini terhenti karena kualitasnya terdesak oleh kesemek produk negara-negara lain.Tempat-tempat lain di Indonesia yang menghasilkan kesemek di antaranya adalah Jawa Barat,Jawatengah dan Jawa Timur,di mana buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan.


Kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm.Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan diperam,agar rasa sepatnya hilang.Buah juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai,agar-agar,es krim dan lain-lain.Buah kesemek segar mengandung 19,6%karbohidrat,terutama fruktosa dan glukosa,0,7%protein,vitamin A dan kalium.

Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki,yang menimbulkan rasa sepat pada buah.Zat ini akan berkurang bersama dengan masaknya buah.Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan,membantu produksi arak-beras di Jepang,serta bahan pengobatan penyakit hipertensi.
Mencegah Pengerasan Pembuluh Darah
Khasiat,Kandungan dan Manfaat Buah Kesemek–Buah yang dikenal dengan nama oriental persimmon(Inggris)dan shi(Cina)ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebatnya dengan buah apel.Bahkan untuk kandungan zat-zat tertentu,kesemek juaranya.Misalnya saja,kandungan zat serat yang terdapat dalam sebutir buah kesemek ternyata dua kali lebih banyak ketimbang yang ada dalam sebutir apel.

Buah Kesemek sering di sebut buah genit lantaran suka berbedak gara-gara kulit buahnya ditempeli serbuk putih.Selain itu,lantaran bentuknya mirip apel,kesemek mendapatkan julukan“apel Jawa”alias“bukan apel yang sebenarnya”.Padahal,di balik itu semua,buah kesemek meruapakan salah satu alternatif alami untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

Kandungan Buah Kesemek

Beberapa kandungan buak kesemek,yaitu:

  1. 19,6%karbohidrat,terutama fruktosa dan glukosa,
  2. 0,7%protein,vitamin A dan kalium.
  3. Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker,
  4. Phytochemical lutein,betakaroten dan serat.
  5. Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung.
  6. Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengeluarkannya dari saluran cerna
  7. Zat tanin(dinamai tanin-kaki)terkandung dalam buah kesemek yang muda sehingga menimbulkan rasa sepat.Zat tanin ini akan berkurang seiring dengan masaknya buah.
  8. Zat tanin-kaki ini dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan,membantu produksi arak-beras di Jepang,serta bahan pengobatan penyakit hipertensi.Sedangkan zat-zat lain yang terkandung dalam buah kesemek dipercaya mampu menjadi obat berbagai penyakit seperti asma,batuk,dan sakit perut.

Khasiat dan Manfaat Buah Kesemek
Berikut beberapa manfaat dari buak kesemek yang baik untuk kesehatan yaitu:

  • Mencegah pengerasan pembuluh darah
  • Menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal
  • Mencegah kanker
  • Menghambat proses penuaan dini
  • Tepeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung.
  • Menyehatkan paru-paru
  • Menguatkan limpa
  • Menjaga agar tubuh tetap langsing
  • Zat serat yang terdapat dalam sebutir kesemek berjumlah dua kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung dalam sebutir apel.Tentunya sangat baik dikonsumsi mereka yang ingin menurunkan berat badan.Begitu juga dengan kandungan vitamin dan mineral kesemek,lagi-lagi kesemek lebih tinggi dari buah apel.

Resep Obat Herbal dari Buah Kesemek
Manfaat buah kesemek yang lain adalah dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit,antara lain:

  1. Penyakit Hipertensi–Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat.Minum satu kali sehari.
  2. Penyakit Asma dan batuk berdahak–Ambillah dua potong buah kesemek kering,tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang.Setelah matang,haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.
  3. Sakit perut–Kupaslah satu buah kesemek segar,lalu makan.Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas di perut.
  4. Diare dan disentri–Siapkan dua potong buah kesemek yang telah dikeringkan.Rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk sebanyak dua potong.Setelah tercampur rata,angkat dan siap untuk dikonsumsi oleh penderita dua sampai tiga kali sehari.

1 komentar:

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!
AKU CINTA NUSANTARAKU

KEBERLANGSUNGAN

Sedekah(Bisa Menunda Kematian)
KLCK aja ICON dibawah untuk Baca berita
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...