primbon


Web Site Hit Counters

Sejak:17 Agustus 2013
DAFTAR SAHABAT YG MASUK The truth seeker
Tidak harus menjadi yang pertama,yang penting itu menjadi orang yang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati.


Disclaimer:Artikel,gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain,
dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut.Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama,
mohon beritahu kami
e-mail primbondonit@gmail.com HOTLINE atau SMS 0271 9530328

GAMBAR-GAMBAR dibawah ini BUKAN HANYA IKLAN tapi merupakan LINK SUMBER




Bagi sebagian masyarakat yang mengklaim diri sebagai masyarakat peradaban modern,westernism bahkan sebagian yang mengesankan perilaku agamis yakni hanya bermain-main sebatas pada simbol-simbol agama saja tanpa mengerti hakekatnya,dan kesadarannya masih sangat terkotak oleh dogma agama-agama tertentu.Manakala mendengar istilah mistik,akan timbul konotasi negatif.Walau bermakna sama,namun perbedaan bahasa dan istilah yang digunakan,terkadang membuat orang dengan mudah terjerumus ke dalam pola pikir yang sempit dan hipokrit.Itulah piciknya manusia yang tanpa sadar masih dipelihara hingga akhir hayat.Selama puluhan tahun,kata-kata mistik mengalami intimidasi dari berbagai kalangan terutama kaum modernism,westernisme dan agamisme.Mistik dikonotasikan sebagai pemahaman yang sempit,irasional,dan primitive.Bahkan kaum mistisisme mendapat pencitraan secara negative dari kalangan kaum modern sebagai paham yang kuno,Pandangan itu salah besar.Tentu saja penilaian itu mengabaikan kaidah ilmiah.Penilaian bersifat tendensius lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri,kepentingan rezim,dan kepentingan egoisme(keakuan).Penilaian juga rentan terkonaminasi oleh pola-pola pikir primordialisme dan fanatisme golongan,diikuti oleh pihak-pihak tertentu hanya berdasarkan sikap ikut-ikutan,dengan tanpa mau memahami arti dan makna istilah yang sesungguhnya.Apalagi dalam roda perputaran zaman sekarang,di mana orang salah akan berlagak selalu benar.Orang bodoh menuduh orang lain yang bodoh.Emas dianggap Loyang.Besi dikira emas.Yang asli dianggap palsu,yang palsu dibilang asli.Semua serba salah kaprah,dan hidup penuh dengan kepalsuan-kepalsuan.Untuk itulah Warisjati merangkum beragam artikel dari beberapa sumber tentang pengetahuan Budaya dan tradisi di Nusantara yang merupakan warisan para leluhur yang sarat akan makna dan berbagai artikel lainnya yang saling melengkapi.Dengan harapan membangun sikap arif dan bijaksana dan mengambil pelajaran serta pengetahuan dari budaya masa lalu sebagai warisan leluhur di Nusantara ini.

ORANG YANG DENGAN MUDAHNYA MENGATAKAN SESAT KEPADA SESEORANG
ADALAH ORANG YANG TIDAK atau BELUM PAHAM AKAN DIRINYA SENDIRI



Sabtu, 01 Februari 2014

Air Terjun ANTOGAN LAN WATU ULO

Majapahit 

Air Terjun ANTOGAN LAN WATU ULO 

ANTOGAN LAN WATU ULO

Air Terjun Antogan
Sebelum di renovasi seperti yang sekarang ,Antogan adalah sebuah tempat alami,semak belukar,rumput dan sungainya yang jernih diantara batu-batuan sungai yang besar,penulis waktu kecil hampir setiap hari mandi ditempat ini apalagi hari liburan. setiap memasuki antogan dada berdebar sendiri...
Air Terjun Antogan terletak didesa bunder-kec kabat-banyuwangi sekitar 6km dari Rogojampi kearah barat .gemericik air terjunya yang sangat asri....air biru jernih gemericik dari air terjun, air terjun ini dikelilingi batu besar yang mengelilingi separo dari pemandian, ada juga tempat yang dipercaya masyarakat sebagai salah satu tempat tawang alun  dan mbah rembug/rempeg jogopatibertapa yaitu disuatu tempat diantara batu-batuan yang terdapat sebuah lobang/pecahan batu yang hanya cukup untuk satu orang yang terdapat di lereng atas menuju jalan air terjun.
Rongga dibalik air terjun ini di yakini masy jg salah satu tempat bertapa leluhur
juga didalam dibalik air terjun ada rongga yang bisa dimasuki oleh beberapa orang. menurut orang tua di situ ronggao itu juga salah satu tempat bersemedhi .....suasananya sangat terasa aroma magis . ditambah lagi deretan batu sebesar rumah di sepanjang pinggir sebelah sungai .....menambah suasana menyeramkan kalau berada di situ sendirian......

sebelum antogan di komersilkan,,,,tidak ada orang yang berani mandi sendirian di tempat tersebut ,minimal mengajak kawan untuk mandi.apalagi hari jum'at .... karena diyakini masyarakat masih ada petapa yang tak lain adalah prabu tawang alun. banyak cerita mistis yang dialami masyarakat sekitar tentang antogan.diantaranya pernah seseorang yang mencari ikan yang menarik akar diantara akar-akar pohonan....orang tersebut lari pontang panting,karena mendengar suara seseorang yang mengatakan "jangan kau tarik-tarik jenggotku".dan masih banyak kejadian yg lain.
Air antogan berasal dari mata air longon yang berada diatas pegunungan dikaki gunung raung,airnya bersih ,bening sejuk sekali banyak orang meminum air sumber tersebut tanpa dimasak terlebih dahulu.. di longon dijumpai juga adanya kuburan yang panjangnya tidak seperti biasanya kira-kira hampir 2,5-3 meter . 

menurut masyarakat kuburan tersebut adalah kuburan buyut munir. dan ini menjadi tanda tanya apakah buyut munir ini adalah salah satu yang menurut pak sumono abdul hamid adalah arya blambangan?? yang menurut gambaran arya belambangan orangnya tinggi besar.dan yang lebih aneh lagi adalah kuburan buyut munir ada dimana-mana ......ada di sumber longon,ada di desa bareng dan di desa yang lainnya......mungkin ini perlu juga untuk dilakukan penelitian lebih mendalam. siapa dan mengapa kuburan panjang tersebut???........
Setelah direnovasi antogan yang dulu alami dengan segala kemistisannya,kini sudah berubah kalau dulu mau ke airterjun menyusuri lewat hilir sungai,kini harus lewat hulu sungai dari atas samping air terjun.dan masih banyak lagi perubahan yang diantaranya sebagai tempat mojok.kini antogan sepi dari pengunjung...mungkin dikarenakan semakin banyak bermunculan tempat-tempat wisata yang baru dan lebih menawarkan kesenangan yang lainnya bagi masyarakat.mudah-mudahan kedepan antogan kembali ramai dikunjungi masyarakat,seperti awal-awal antogan di renovasi.
Aliran sungai di lihat dari hulu dan salah satu aliran anak sungai

WATU ULO Serunai (dan Pantai Watu Ulo)
Jangan salah watu ulo bukan hanya di daerah ambulu jember. (Ini Hanya Kepalanya)
Watu Ulo Serunai (Antogan) Banyuwangi
tapi di daerah banyuwangi ada watu ulo tepatnya didesa bunder.Didekat antogan ada juga batu yang sangat aneh dan unik ,yaitu batu seperti tubuh ular merayap.dan sangat panjang sekali dari desa bunder/samping lap boladekat PDAM daerah bunder sampai ke daerah desa gumuksari dan benelan lor..

yang aneh lagi adalah nampak dengan jelas bekas potongan ditubuh ular yang sudah menjadi batu tersebut tersebut .lebar badan/batu ular kira-kira 1-2 meter ,jarak tiap potongan sekitar lebih kurang 5 meter .seakan-akan ular tersebut selagi hidup mati dengan tubuh di cincang menjadi beberapa bagian. batu ular ini sampai sekarang belum ada yang meneliti tentang asal usul terjadinya batu tersebut.......cerita yang berkembang di masyarakat batu tersebut adalah tubuh ular yang di bunuh dengan cara di cincang pada masa lampau dan mengeras jadi batu .badannya di desa bunder ......dan kepalanya ada di daerah pantai watu ulo ambulu-jember .

Legendanya sebagai berikut : 
Seruni atau masyarakat biasa akrab menyebut “serunai”.adalah sebuah desa yg bersebelahan dengan desa sangkur yang juga terdapat situs batu sangkur. desa seruni masih termasuk dalam wilayah kec kabat.dan terletak di lereng raung yang sudah menjadi persawahan yang subur.”watu ulo ini sebenarya sudah lama ada dan menjadi perhatian masyarakat sehingga banyak yang datang ketempat ini untuk sekedar melihat keanehan ini.
Batu ini sebelumnya berbentuk badan ular yang utuh tanpa kepala. Menjalar dari bawah jurang hingga atas jurang nampak dengan jelas.tetapi kondisi sekarang sudah berubah ,yang tinggal hanya beberapa tumpuk batu badan ular yang sudah di selimuti rumput-rumput menjalar.dan diatas bagian dekat kepala juga telah tidak terawatt lagi. juga terdapat bangunan musholla.sehingga keaslian batu ini tidak nampak lagi tertutup oleh rumput.

Watu ulo di desa seruni ini berbentuk badan ular , dengan bintik2 dmenjalar dari bawah jurang sampai atas tepi jurang .sedang kepalanya terdapat di desa wastulan. Dan kepala ular tersebut telah di amankan oleh pihak pemda untuk dijadikan barang sejarah sebagai koleksi museum.
Menurut cerita masyarakat,  

Pada jaman dahulu jaman krajaan prabu tawang alun,terdapat seorang janda petani yang sederhana,yang bernama sayuwetan .hidup pas pasan hanya mengandalkan dari hasil padi yang Cuma seperipit.demi menghidupi ketiga anaknya tiap hari rajin kesawah untuk menanam padi sambil membawa ketiga anaknya untuk menemani sayuwetan mengerjakan sawah .sayuwetan termasuk orang yang prihatin hingga disela2 pekerjaan yang menyita banyak tenaga ,atau ysng biasa dikerjakan laki2 dikerjakanya dengan senang hati sambil berpuasa.dengan harapan yang kuat untuk menghidupi ketiga anaknya tersebut,

Hari berganti dari tanam,perawatan, hingga tiba musim panen.padi menguning dengan bulir2 padi seperti keemasan.sehingga masyarakat memuji cara bertanam sayu wetan .bagaimana tidask seorang wanita seorang diri bias menghasilkan buah padi yang sangat memuaskan.
Dihari yang cerah Sayuwetan danketiga anaknya pergi kesawah untuk memotong padi dengan alat yang biasa dipakai yaitu “sepuh gampung” dengan sabar sayuwetan mengerjakan tersebut sementara anaknya ditinggal dipondok. Ketika sayuwetan asik memotong padi
Datang seekor ular besar yang baru saja bertapa dari gunung raung.dengan sangat bernapsu karena baru saja berpuasa sang ular sangat bernapsu ketika melihat ada mangsa .hingga tapa sepengetahuan sayu wetan yang asik menuai padi,ular besar memangsa satu persatu anak sayu wetan.ketika pada saat memangsa anaknya yang kedua ,anak yang ketiga melapor/mendekati sayu wetan untuk melaporkan bahwa adiknya yang pertama ditelan ular.dengan berteriak2 anak ini melaporkan pada sayuwetan bahwa adik2nya telah dimakan ular besar……namun karena pada saat itu angin kencang ,teriakan2 anaknya tidak terdengar oleh sayu wetan.sayuwetan menyangka bahwa anaknya berteriak anaknya minta makan karena lapar….dengan santai sayu wetan menjawab pada anaknya yang berteriak2 minta tolong.. “ ya tunggu dulu ya nak ibu sebentar lagi selesai mengerjakn kerjaan ini….

akhirnya tidak terdengar lagi suara anaknya .karena satu persatu habis dimakan oler ular yang baru turun tapa dari gunung Raung.sayu wetan kaget kenapa tidak terdengar lagi suara anak2nya.pelan2 sayuwetan mendekati pondok mau melihat anak2nya dan mau membuka bontotan yang dibawanya dari rumah untuk dimakan bersama-sama.

Tapi alangkah terkejutnya sayu wetan ketika yang ada di pondok adalah seekor ular yang sangat besar,dengan perut buncit yang telah habis memakan anak-anaknya.dengan geram sayuwetan berkata”hai ular, kita sama2 bertapa tetapi mengapa kamu melukai orang yang bertapa”.kau telah memakan ketiga anakku.maka dengan ini bertapamu semuanya sudah luntur.

Maka terjadilah pertarungan antara dua mahluk yang sama2 saling berpuasa .mencoba menentukan siapa sebenarnya yang layak dikatakan “keyakinan hati yang putih pada yang maha kuasa” akhirnya dengan keyakinan hati yang putih pada yang maha kuasa sayuwetan menggerakkan “sepuh gampung” yang biasa untuk memotong padi untuk digunakan sebagai senjata.mendadak sepuh gampung bergerak sendiri mengejar-ngerjar ular tersebut dan memotong-motong tubuh sang ular,sang ular melolong minta ampun.tapi sepuh gampung terus mencincang tubuhnya.ketika memotong leher ular kepala ular tersebut meloncat jauh.seketika tubuh ular menjadi batu tubuhnya tetap di desa seruni kepala ular terbang kedesa wastulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!
AKU CINTA NUSANTARAKU

KEBERLANGSUNGAN

Sedekah(Bisa Menunda Kematian)
KLCK aja ICON dibawah untuk Baca berita
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...