BABAT TANAH JAWA
RIWAYAT SUNAN KALIJAGA (P#5)
RIWAYAT SUNAN KALIJAGA (P#5)
Kangjeng Susuhunan Ing Kalijaga
(Raden Mas Sahid/Syeh Malayakusuma)
RIWAYAT SUNAN KALIJAGA (5)
Diambil pupuh-pupuh dari Babad Tanah Jawa yang berkaitan dengan riwayat Sunan Kalijaga
Diterjemahkan oleh : Damar Shashangka
21. Datan dangu katingalan, Cahya Pêthak
anêlahi, parêk lan Cahya katiga, Syeh Malaya matur malih, Cahya punapa kari,
parêk lan cahya katêlu, Jêng Nabi lon ngandika, Mbok ana kang sira pilih, Syeh
Malaya ature dahat tan arsa. Tak berapa lama kemudai terlihat, cahaya putih
sangat cemerlang, mendekat ke arah tiga cahaya yang dulu, Syeh Malaya bertanya,
Cahaya apakah yang terakhir, dan mendekat ke arah ketiga cahaya yang lain? Jeng
Nabi (Khidlir) pelan menjawab, Pilihlah salah satu, Syeh Malaya menjawab tidak
mau.
22. Yen tan kalawan pitêdah, Ngandika Jêng Nabi
Kilir, Kabeh cahya iku tunggal, kacatur aneng sireki, ya padha ananeki, mêmarah
akarya dudu, kang rupa Cahya Abang, atuduh napsu kang bêcik, nganakake penginan
panasbaranan. Jikalau tidak diberi petunjuk jelas, Berkata Jeng Nabi Kilir
(Khidlir), Semua cahaya itu sesungguhnya satu kesatuan, keempat-empatnya berada
di dalam dirimu, semua ada pada dirimu, mendorong perbuatan yang tidak baik
(maupun yang baik), yang berwarna merah, mendorong keinginan yang baik,
tapi juga bisa mendorong keinginan yang keras dan angkara. (Cahaya Merah
lambang Perasaan, Ahamkara dalam bahasa Sanskerta, Nafs Amarah dalam istilah
Tassawuf dan Getih dalam istilah Kejawen).
23. Ambantoni kaelingan, ing kawaspadaning
buddhi, dene Cahya kang Akrêsna, karsane ngubungi runtik, andêdawa andadi,
pangadhang panggawe ayu, dene kang Cahya Jênar, nanggulang cipta kang bêcik,
sayêktine ngêgungken pênggawe rusak. Membantu awas, serta kewaspadaan Buddhi
(Kesadaran), sedangkan Cahaya yang berwarna Hitam, mendorong keinginan
untuk bingung, ragu-ragu dan tercekam, penghalang perbuatan positif, sedangkan
Cahaya Kuning, mendorong kreativitas, akan tetapi juga menyebabkan pikiran
yang aneh-aneh. (Cahaya Hitam lambang Ingatan yang berisi segala hal trauma
negative maupun kenangan-kenangan positif, Citta dalam bahasa Sanskerta, Nafs
Luwwamah dalam istilah Tassawuf dan Puser dalam istilah Kejawen, sedangkan
Cahaya Kuning lambang Pikiran, Manah dalam bahasa Sanskerta, Nafs Sufiyyah
dalam istilah Tassawuf dan Adhi Ari-Ari dalam istilah Kejawen).
24. Ingkang Putih iku nyata, mung suci tan
ika iki, grawira ing karaharjan, iku kang bisa nampani, sasmita kang
kalingling, sêjatining rupa iku, anampani nugraha, lêstari pamoring kapti, nanging
iku kinrubut napsu têtiga. (Cahaya) putih itu nyata, mendorong kearah kesucian,
cenderung tenteram, hanya cahaya ini yang mampu menerima petunjuk rahasia,
itulah sesunggguhnya wujud/rupa (kesadaran) yang kamu pakai sekarang, yang bisa
menerima anugerah, yang mampu memancarkan pamornya kepribadian positif, akan
tetapi (cahaya putih) dilingkupi tiga cahaya yang lain. (Cahaya Putih lambang
Kesadaran, Buddhi dalam bahasa Sanskerta, Nafs Mutmainnah dalam istilah
Tassawuf dan Kakang Kawah dalam istilah Kejawen).
25. Yen kurang sabar santosa, kêna
ginuling ing Bêlis, kerut marang panasbaran, yen kuwat tan mindho kardi, kasor
dening kang Putih, kang têlu samya angratu, Luwamah lan Amarah, Supiyah
ginendhong batin, Mutmainah jumênêng Ratu Utama. Manakala tidak bisa teguh dan penuh kesabaran,
akan terbawa oleh godaan Iblis (ketiga cahaya yang lain),
(Kesadaran/Buddhi/Nafs Mutmainnah) akan terikut kepada perbuatan yang salah,
namun jika tetap kuat, ketiga cahaya yang lain akan terkalahkan oleh Cahaya
Putih, ketiga yang lain akan mengabdi, Luwwamah (Cahaya Hitam) dan Amarah (
Cahaya Merah), Sufiyyah (Cahaya Kuning) mampu dikuasai dalam relung batin
(Cahaya Putih/ Nafs Mutmainnah), dan Mutmainnah akan bertahta sebagai Ratu
Utama (dalam dirimu).
26. Kalêgan raosing driya, Syeh Malaya
anganggêpi, tuduhing Sang Maha Yoga, Marbudyengrat Nabi Kilir, nulya ngandika
malih, Heh Syeh Malaya sireku, paran pambudinira, êndi kang sira antêbi,
wahanane kang cahya patang prakara. Puas
di dalam hati, Syeh Malaya menerima, petunjuk Sang Maha Yoga, Yang penuh
Kesadaran di seluruh Semesta Nabi Kilir (Khidlir), lantas berkata lagi (kepada
Syeh Malaya), Hai Syeh Malaya, bagaimanakah menurut kesadaranmu, mana yang kamu
pilih, di antara keempat Cahaya ini?
27. Umatur Sang Syeh Malaya, Punapa sampun
ngidaki, punika têlênging para, tela kinen amêmilih, Ngandika Nabi Kilir,
Sayêkti punika durung, lagi aneng Tresandha, Syeh Malaya matur malih, Sewu
sisip ken anampik amiliha. Sang Syeh Malaya menjawab, Apakah ini sudah
mencapai, pusat kesejatian, sehingga saya dituntut untuk memilih? Berkata Nabi
Kilir (Khidlir), Sungguh ini belum. Masih di alam Tresandha (Alam Suksma), Syeh
Malaya berkata lagi, Mohon maaf saya menolak untuk memilih.
28. Mindhak anggêgadhang lêpat, pan kawula sewu
ajrih, yen botên saking pitêdah, Lajêng alêlampah malih, Syeh Malaya ningali,
Urub Siji angênguwung, Wêwolu kênyarira, Ora lir pêputran gadhing, Wêneh kadya
ana pêputran mutyara. Hanya akan
memperbesar kesalahan, hamba sangat takut, jika tidak mendapatkan petunjuk.
Lantas berjalan lagi, Syeh Malaya melihat, Urub Siji (Nyala Satu) yang
berpijar, ada delapan cahaya, namun memancarkan warna gadhing (jernih), dan
lagi di tengah terlihat bagaikan Mutiara.
29. Dumêling abra markata, Syeh Malaya matur
malih, Punika Urub punapa, maya-maya angêbati, Urub-e mung sawiji, andarbeni
cahyo wolu, Nabi Kilir ngandika, Pangarêp Urub-ing Buddhi, iya iku kang Sêjati
Wenang Tunggal. Berpendar menyala-nyala silau, Syeh Malaya bertanya kembali,
Nyala apakah ini? Berpijar mengagumkan, Nyalanya hanya satu warna, tapi berasal
dari delapan warna, Nabi Kilir (Khidlir) menjawab, Pangarep Urubing Buddhi
(Pusat Nyala Kesadaran), inilah yang Sejati Wenang Tunggal (yang Sesungguhnya
Berhak Menyatu dengan Atma / Ruh) – (Inilah Pusat Nafs Mutmainnah / Buddhi /
Kesadaran. Yang berhak menyatu dengan Ruh / Atma dan Allah / Brahman. Ingat
ayat : Ya ayyatuhan Nafsul Muthma'innah, Irji’I ilaa Rabbiki radliyatam
mardliyyah = Wahai Jiwa Yang Tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan rela dan
diridlai).
30. Tegese saliring warna, iya aneng sira kaki,
tuwin isining pratala, ginambar aneng ing dhiri, Jagad Agung myang Cilik, tan
ana prabedanipun, purwaning catur yoga, kang cahya kapat pan sami, iya dadi
tandha uriping bawana. Seluruh warna (delapan warna itu), ada di dalam
Kesadaranmu anakku, menggambarkan isi semesta, Jagad Agung (Macro cosmic)
hingga Jagad Cilik (Micro cosmic), sungguh tak ada beda, termasuk empat jalan
awal tadi, yaitu empat cahaya, adalah lambang seluruh kehidupan di dunia.
31. Tinimbangkên aneng sira, Jagad Agung
Jagad Cilik, isen-isene tan beda, kinarya wahana yêkti, salir rupa wus anis,
ngumpul mring rupa satuhu, kadya tawon gumana, sawang putran mutyara di,
Cahyanira kumilat tanpa wayangan. Semua tergambar pada dirimu, Jagad Agung dan
Jagad Cilik, isinya tiada beda, sebagai pertanda sejati, seluruh cahaya delapan
sudah ada, berkumpul menyatu kepada wujud sejati, yang bagaikan bentuk kumbang
menggantung, berpijar bagai mutiara indah, yang bercahaya tanpa bayangan (yaitu
yang ada di pusat cahaya delapan tersebut)
32. Syeh Malaya matur nêmbah, Dhuh Sang Maha
Yogi Suci, punapa inggih punika, kang pinrih dipun ulati, Rupa ingkang Sejati,
Nabi Kilir ngandika rum, Dudu kang sira sêdya, kang mumpuni Ambêg Jati, ora
kêna kalamun winaspadakna. Syeh Malaya menghaturkan sembah dan bertanya, Duh
Sang Maha Yogi, apakah ini, yang menjadi pusat pencarian spiritual, yaitu Wujud
Sejati itu? Nabi Kilir (Kihdlir) menjawab pelan, Bukan yang kamu cari, yang
Maha Unggul Dalam Kesejatian, tidak bisa dilihat dengan mata kasar maupun mata
batin.
33. Tanpa rupa tanpa warna, nanging bisa
amarnani, Tan gatra Datan satmata, Tan dumunung nggon sawiji, Dumununge
kalingling, Kang awas waskitheng sêmu, Mêpêki isining rat, Narambahi ing
dumadi, Kahanane yen dinumuk datan kêna. Tanpa Bentuk Tanpa Warna, akan tetapi
bisa memberikan warna seisi dunia, Tak Berwujud dan tak terlihat, Tidak
bertempat tinggal di suatu tempat, Berada dimana-mana, Yang Maha Sadar,
Memenuhi semesta, meliputi seluruh makhluk, Keberadaan-Nya jika dipegang tidak
bisa.
34. Umatur Sang Syeh Malaya, Dhuh Pukulun Sang
Maha Ning, Ulun nyuwun tuduh nyata, dene dereng anggêpoki, Nugraha kang
sayêkti, Nabi Kilir ngandika rum, Heh kaki Syeh Malaya, ingsun pêpajar
samangkin, den-a rencang pamucunge ing pangancam. Berkata Sang Syeh Malaya, Duh Pukulun Yang sudah
Jernih, hamba muhon petunjuk yang nyata, karena belum menemukan, Anugerah
Sejati. Nabi Kilir berkata pelan, Hai anakku Syeh Malaya, akan aku tunjukkan
sekarang juga, waspadalah dan bersiap-siaplah dengan sungguh-sungguh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!
AKU CINTA NUSANTARAKU