Laman

Kamis, 03 Desember 2015

Kayu Walikukun (Schoutenia ovata Korth.)

MENGUNGKAP KAYU- KAYU BERKHASIAT:

Kayu Walikukun

Kayu Walikukun
Kayu walikukun adalah kayu yang keras dan ulet. Terdapat di hutan- hutan Kayu ini banyak digunakan sebagai batang atau gagang tombak karena mempunyai kekuatan dan keuletan yang cukup tinggi.
Nama Latin : Walikukun (Schoutenia ovata Korth.)
Banyak tumbuh dihutan tropis ditanah Jawa, tinggi pohon mencapai 25 Meter dengan diameter maksimal 50 Cm.

Walikukun (Schoutenia ovata Korth.) adalah sejenis pohon kecil anggota suku Tiliaceae. Pohon ini biasa ditemukan di hutan-hutan tipe musiman yang tumbuh di Jawa dan pulau-pulau di sebelah timurnya

Kayunya kuat dan ulet serta seratnya halus, untuk itu secara umum kayu ini sering dipakai sebagai gagang/landeyan tombak dan gagang perkakas pertukangan seperti palu, cangkul, sabit, golok dll.


Teras/galih Kayu Walikukun sangat keras, padat dan halus........, maka karena keuletannya yang sangat baik sering digunakan sebagai pedati/gandar kereta.

Dalam dunia metafisika Kayu Walikukun sering dianggap sebagai ''Kayu Laduni'', karena diyakini dapat membantu pemakainya kearah tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, selain itu juga berguna untuk : 

  • Meningkatkan imajinasi dan kreativitas.
  • Keselamatan dan kewibawaan pemakainya.
  • Melindungi rumah dari gangguan makhluk halus, dengan cara ditanam disudut-sudut pekarangan.
  • Secara supranatural Tongkat Kayu walikukun, dianggap mampu mempercepat datangnya ilham dalam mebantu proses penyembuhan dari kelumpuhan.



Dari para spiritualis meyakini bahwa kayu ini mempunyai kekuatan gaib menolak dan menangkal kekuatan jahat yang hendak mengganggu dan berniat jahat. Dapat menawarkan pekarangan atau lingkungan yang angker. dengan cara ditanam di empat sudut pekarangan.

Walikukun dimanfaatkan pula kayunya sebagai gagang tombak, dan juga sebagai kayu bakar. Kulit kayunya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengikat yang kasar.
Berkas:Schout ovat 130112-33396 ngw.JPG
Berkas:Schout ovat 130112-33394 ngw.JPGBerkas:Schout ovat 130112-33401 ngw.JPG
Berkas:Schout ovat 130112-33403 ngw.JPG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!
AKU CINTA NUSANTARAKU