Laman

Jumat, 11 September 2015

Tumpangan air atau Bayam Batu (Peperomia pellucida)/peperomia

Bayam Batu (Peperomia pellucida)/peperomia

Tumpangan air atau Bayam Batu (Peperomia pellucida)/peperomia

Bayam Batu (Peperomia pellucida)/peperomia
Tumpangan air (Peperomia pellucida) adalah terna kecil semusim dan berakar dangkal yang mudah ditemukan tumbuh liar di tepi saluran air atau pematang dan taman. 

  • Ukurannya 15 sampai 45 cm. 
  • Daunnya berbentuk hati, berwarna hijau cerah dan halus berkilau seperti dilapisi lilin.
  • Batangnya sukulen (berair), cerah, berdaging, demikian pula daunnya yang agak tebal tapi lunak. dan Batangnya bulat kira-kira bergaris tengah 5 milimeter. 
  • Buahnya bulat seperti buah kopi, tetapi ukurannya jauh lebih kecil, sekitar 1 milimeter. Ketika sudah tua, biji akan jatuh dan berkembang biak.

Habitat
Tumbuhan yang tumbuh sepanjang waktu di bagian agak teduh dan lembap. Ia dikenal di Asia dan Amerika. Tumbuhan ini sangat mudah tumbuh dan menghasilkan banyak biji.


Kegunaan
Menurut penelitian, seluruh keluarga peperomia ini bisa digunakan sebagai tanaman obat, khususnya batang dan daun yang masih segar.

  • Tanaman ini biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit di tumit kaki, atau gejala asam urat.Selain itu juga bisa meringankan nyeri perut, sakit kepala dan bisul.
  • Seluruh bagiannya dapat dimakan, tetapi kebanyakan dikenal dari manfaat pengobatannya.

Efek farmakologinya adalah sebagai analgesik (pengurang rasa sakit) dan antiradang (antiinflammatory), diduga terkait dengan efeknya pada sintesis prostaglandin pada tubuh manusia.

Ia diketahui pula memiliki efek antibiotik spektrum luas, ditunjukkan pada pengaruhnya dalam menekan Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Pseudomonas aeruginosa, and Escherichia coli. Ekstrak daun keringnya dalam kloroform diketahui menghambat fungi Trichophyton mentagrophytes.

Dalam pengobatan tradisional, tumpangan air dikenal sebagai bagian dalam pengobatan sakit perut, bengkak, jerawat, kolik, pegal-pegal, sakit kepala, gangguan kemih, dan sakit sendi karena reumatik.

Di Asia Tenggara, seduhan tumbuhan ini dipakai untuk mengurangi asam urat dan mengobati gangguan kemih. Ia juga digunakan sebagai pembalur untuk jerawat.

Untuk mengobati asam urat, ambil satu genggam bayam batu lalu rendam sekitar satu jam untuk menghilangkan kotoran atau tanah yang masih menempel. Kemudian rebus dengan air 2 gelas sampai air berkurang hingga tinggal 1 gelas. Bagi menjadi dua bagian, untuk diminum pagi dan sore, diminum setelah makan. 
Smoga Bermanfaat
Untuk yang kesuliatan memperoleh Tanaman ini kami membudidayakan dan
memperdayakannya silahkan Hub : 0815 6767 7585 Sms dulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!
AKU CINTA NUSANTARAKU