Laman

Senin, 07 April 2014

Kandungan & Manfaat Ceplukan Bagi Kesehatan

Berita Kesehatan >>> 

Kandungan & Manfaat Ceplukan Bagi Kesehatan

Kandungan & Manfaat Ceplukan Bagi Kesehatan
Ciplukan banyak memiliki nama di beberapa daerah, seperti Ceplukan (Jawa), Yor-yoran (Madura), Cecendet (Sunda), Leletep (sebagian sumatra) Lapinonat (Seram), Kepok-kepokan, Angket, atau Keceplokan (Bali), Leletokan (Minahasa), Dedes (Sasak).

Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman ini terkenal dengan sebutan cutleaf groundcherry, serta winter cherry, camapu, dan wild tomato.
Pemerian Ciplukan atau nama latinnya Physalis Angulatialah jenih tumbuhan herba musiman dengan ketinggian mencapai 1 m. Buah ceplukan ini bentuknya seperti telur dengan panjang kira-kira mencapai 14 mm, ciplukan yang memiliki kelopak buah ini bila telah masak buahnya akan berwarna hijau kekuning-kuningan atau kuning.

Tumbuhan yang aslinya dari Amerika tersebut saat ini telah menyebar luas di daerah-daerah tropis seluruh dunia. Di Jawa sendiri, tumbuhan ini hidup secara liar di kebun-kebun, sawah, tepi jalan, semak dan tegalan.

Bentuk daun dari buah ciplukan ini seperti belahan telur, namun ujung dari daun ini bentuknya meruncing. Sedangkan bagian pinggir dari daun ini k
Kadang rata dan kadang juga tidak. Panjang dari daun buah ini adalah 5-15 cm dengan lebar daun mencapai 2-10 cm.

Buah yang memiliki kandungan chlorogenik acid, c2h24o-h2o, asam sitrun, fisalin, asam malat, alkolid, tannin, kriptoxantin, vitamin c, gula, dan claidic acid ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit kencing manis dan penyakit paru-paru secara alami.
Manfaat Ceplukan bagi Kesehatan
a. Mengatasi Diabetes Mellitus
Bahan-bahan yang digunakan ialah ceplukan beserta akar-akarnya dan air sebanyak tiga gelas.
Cara Membuat dan Menggunakan:
Cuci tanaman ceplukan hingga bersih dan biarkan tanaman menjadi layu. Kemudian, rebus hingga mendidih dengan 3 gelas air dan tunggu hingga air rebusan tersisa sekitar 1 gelas. Setelah disaring, minum ramuan 1 kali sehari dan dibersihkan.

b. Mengatasi Gangguan Paru-paru
Bahan-bahan yang diperlukan adalah ceplukan beserta akar, batang, daun, bunga, dan buahnya, air sebanyak tiga sampai lima gelas.
Cara Membuat dan Menggunakan:
Cuci tanaman ceplukan hingga bersih, kemudian rebus dengan 3-5 gelas air sampai mendidih. Setelah disaring, minum ramuan 3 kali sehari 1 gelas. Agar hasil maksimal, gunakanlah ramuan ini secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!
AKU CINTA NUSANTARAKU