primbon


Web Site Hit Counters

Sejak:17 Agustus 2013
DAFTAR SAHABAT YG MASUK The truth seeker
Tidak harus menjadi yang pertama,yang penting itu menjadi orang yang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati.


Disclaimer:Artikel,gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain,
dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut.Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama,
mohon beritahu kami
e-mail primbondonit@gmail.com HOTLINE atau SMS 0271 9530328

GAMBAR-GAMBAR dibawah ini BUKAN HANYA IKLAN tapi merupakan LINK SUMBER




Bagi sebagian masyarakat yang mengklaim diri sebagai masyarakat peradaban modern,westernism bahkan sebagian yang mengesankan perilaku agamis yakni hanya bermain-main sebatas pada simbol-simbol agama saja tanpa mengerti hakekatnya,dan kesadarannya masih sangat terkotak oleh dogma agama-agama tertentu.Manakala mendengar istilah mistik,akan timbul konotasi negatif.Walau bermakna sama,namun perbedaan bahasa dan istilah yang digunakan,terkadang membuat orang dengan mudah terjerumus ke dalam pola pikir yang sempit dan hipokrit.Itulah piciknya manusia yang tanpa sadar masih dipelihara hingga akhir hayat.Selama puluhan tahun,kata-kata mistik mengalami intimidasi dari berbagai kalangan terutama kaum modernism,westernisme dan agamisme.Mistik dikonotasikan sebagai pemahaman yang sempit,irasional,dan primitive.Bahkan kaum mistisisme mendapat pencitraan secara negative dari kalangan kaum modern sebagai paham yang kuno,Pandangan itu salah besar.Tentu saja penilaian itu mengabaikan kaidah ilmiah.Penilaian bersifat tendensius lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri,kepentingan rezim,dan kepentingan egoisme(keakuan).Penilaian juga rentan terkonaminasi oleh pola-pola pikir primordialisme dan fanatisme golongan,diikuti oleh pihak-pihak tertentu hanya berdasarkan sikap ikut-ikutan,dengan tanpa mau memahami arti dan makna istilah yang sesungguhnya.Apalagi dalam roda perputaran zaman sekarang,di mana orang salah akan berlagak selalu benar.Orang bodoh menuduh orang lain yang bodoh.Emas dianggap Loyang.Besi dikira emas.Yang asli dianggap palsu,yang palsu dibilang asli.Semua serba salah kaprah,dan hidup penuh dengan kepalsuan-kepalsuan.Untuk itulah Warisjati merangkum beragam artikel dari beberapa sumber tentang pengetahuan Budaya dan tradisi di Nusantara yang merupakan warisan para leluhur yang sarat akan makna dan berbagai artikel lainnya yang saling melengkapi.Dengan harapan membangun sikap arif dan bijaksana dan mengambil pelajaran serta pengetahuan dari budaya masa lalu sebagai warisan leluhur di Nusantara ini.

ORANG YANG DENGAN MUDAHNYA MENGATAKAN SESAT KEPADA SESEORANG
ADALAH ORANG YANG TIDAK atau BELUM PAHAM AKAN DIRINYA SENDIRI



Senin, 07 April 2014

Sejuta Manfaat "kelapa muda (Degan Wulung)"

Herbal 

Sejuta Manfaat "kelapa muda (Degan Wulung)"

kelapa muda (Degan Wulung) mempunyai ciri khas yaitu bila dikupas kulit bagian bawahnya akan terlihat ada warna ungu di antara kulit sabut yang putih dan kelapa yang lebih muda lebih baik karena kandungan airnya lebih banyak. (Tidak Tentu Kadang Kelapa Hijau atau Kelapa Jenis Lain)

Ijuk bagian belakang kelapa jenis ini berwarna ungu atau dalam bahasa jawa disebut wulung oleh karena itu kelapa ini diberi nama kelapa wulung.

kelapa wulung dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti penawar racun sampai memperlancar saluran pembuangan air seni.

Dalam Penelitian Sangat sulit mengembangkan kelapa jenis ini. “Tidak seperti kelapa kopyor yang sudah di budidayakan, kelapa wulung jenis ini sangat langka dan belum dapat dibudidayakan, dari seribu pohon kelapa yang ditanam belum tentu satunya berjenis kelapa wulung ,Selain itu hama pohon kelapa atau wangwung sangat menyukai jenis kelapa ini. 

Namun Jangan Kawtir di setiap Penjual Degan di pingir-pingir jalan "biasanya mereka tidak memajang seperti biasanya mereka menyendirikan, bagi yang menginginkan barulah si penjual mengeluarkannya" harga kisaran 10.000 s/d 25.000 per biji tergantung si penjual

Air kelapa/Wulung mengandung: 
glukosa, sakarosa, fruktosa, sukrosa mineral, asam amino, sangat banyak manfaat dan khasiatnya yang dipercaya dapat membantu mengobati keracunan dan berbagai macam penyakit lainnya salah satunya adalah sakit akibat Virus Flu Singapura yang sedang ramai dibicarakan dan sudah menyebar di Jakarta.

Walaupun agak susah untuk membedakan jenis kelapa hijau (wulung) dengan jenis yang lain, namun rasa air kelapa hijau (wulung) sangat berbeda. 


Ketika dibelah, daging kelapa hijau berwarna merah muda. Airnya agak pahit dan tidak sesegar air kelapa jenis lain, 

Manfaat air kelapa hijau (wulung) dianggap lebih istimewa daripada air kelapa jenis lain. Hal ini dikarenakan, kandungan tannin (zat anti racun) dalam air kelapa hijau (wulung) lebih tinggi. 
Tannin adalah suatu senyawa yang dipercaya mampu menawar racun. 

Ditinjau dari unsur Mitos dan Mistis yang berkembang
kelapa hijau (wulung) dianggap lebih istimewa diantara keistimewaan itu antara lain ;

  • “Sapu sodo wulung itu berasal dari lidi daun kelapa wulung. Untuk orang Jawa, kelapa wulung yang masih muda amat berguna mengobati penyakit badani maupun rohani. Sapu sodo wulung itu sapu yang diyakini bisa menangkal hal-hal bahaya secara ghoib,” 
  • Menetralisir Serangan Goib terutama teluh yang bersifat racun.
  • Menetralisir Hawa Nafsu ...Amarah...Birahi dan Melupakan Kedengkian
  • Sebagai sarana untuk : Jamasan Pusaka, Tolak Bala, Sarana Inisiasi, dan 
  • Berbagai sarana Penyembuhan Alternatif /NON Medis
Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.
1001 Manfaat Air Kelapa utk kesehatan 
Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Penyembuhan Racun Dan Jerawat

Air Kelapa Muda Baik untuk dikonsumsi, jika selama ini anda berpikir kalau air kelapa muda hanya dapat menghilangkan dahaga di saat anda kehausan. Berikut ini ada sedikit ulasan dari manfaat air kelapa muda yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Air buah nyiur ini ternyata punya khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.


Susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Layak memang, bila setelah minum kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar.

Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Di samping itu, secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07- 0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian ini, maka air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan.

Di Filipina, air kelapa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran, cuka, dan nata de coco. Di Indonesia, air kelapa digunakan sebagai minuman (air kelapa muda) dan media pembuatan nata de coco.

Apa saja manfaat air kelapa?

  1. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
  2. Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.
  3. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.
  4. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.
  5. Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.
  6. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.
  7. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.
  8. Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.


Nah, selain itu ada lagi nih jenis air kelapa yang dikenal dapat menetralkan racun, dia adalah Kelapa ijo. Kelapa ijo ditengarai merupakan obat terbaik untuk beberapa penyakit seperti: panas dalam, sembelit, penetral racun, demam berdarah, cacingan, disentri. Bila digunakan untuk membasuh muka, maka manfaat kelapa ijo bisa menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit muka, mengencangkan kulit (anti aging) dan bila digunakan untuk keramas, bisa mencegah timbulnya uban. Selain itu, kelapa ijo juga bisa dijadikan terapi gurah, caranya dengan mengembunkan satu malam air kelapa ijo, lalu diminum paginya. Bila hal ini dilakukan setiap pagi, insya Allah suara akan menjadi lebih panjang dan merdu.

Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil
kelapa muda hijauDi kalangan masyarakat, ada tradisi turun-temurun yang menyarankan ibu hamil agar memperbanyak minum air kelapa muda, terutama dari kelapa hijau. Konon katanya bila rajin minum air kelapa muda– terutama di trimester ketiga kehamilan–maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya dan bening matanya.

Apakah betul demikian?
Sejauh ini belum ada penelitian yang secara ilmiah membuktikan kebenaran saran tersebut. Namun, air kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Zat-zat itulah yang barangkali secara tidak langsung membuat bayi menjadi lebih sehat sebagaimana disebutkan dalam saran tradisional itu.

1. Elektrolit Alami
Air kelapa muda kaya dengan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kepala, kram, edema dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.

2. Diuretik Alami
Sebagai diuretik natural yang steril, air kelapa muda melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih– yang juga cukup umum terjadi pada wanita hamil.

3. Antipenyakit
Air kelapa muda mengandung asam lauric, asam yang membantu melawan penyakit. Asam lauric yang terkandung dalam air kelapa sama dengan yang terdapat di air susu ibu dan memiliki karakteristik antijamur, antibakteri dan antivirus sehingga menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia serta bakteri klamidia dan heliokobater.

4. Membantu Pencernaan
Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan.

5. Meningkatkan HDL
Air kelapa muda tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan menurut riset dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

Bila Anda tidak bisa mendapatkan air kelapa yang segar, kini telah tersedia air kelapa murni dalam kemasan siap minum yang dapat dibeli di supermarket.

Mampaat lainya adalah :
  1. Sebagai isotonic alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, sangat bermanfaat untuk Rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.
  2. Sebagai Diuretik Natural yang steril, memperlancar Air Seni dan membantu membersihkan saluran kemih mengeluarkan zat-zat toksin tubuh.
  3. Sebagai Anti penyakit
  4. Membantu pencernaan
  5. Meningkatkan HDL karena tidak mengandung lemak dan kolesterol
  6. Menghindari jerawat, kerutan dan penuaan dini
  7. Mengatasi racun pada tubuh manusia
  8. Untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil
  9. Menjaga agar tubuh tetap sejuk dan berada pada suhu yang tepat
  10. Membantu mengatasi batu ginjal dan batu di saluran kencing
  11. Minuman alami untuk bayi yang menderita gangguan usus
  12. Kandungan saline dan albumen di dalamnya membantu mengatasi kasus kolera
  13. Mempertahankan kadar cairan alami tubuh
  14. Efek elektrolit dari air kelapa membantu penyerapan obat serta memudahkan masuknya obat ke dalam aliran darah
  15. Air kelapa bisa menjadi pengganti plasma darah karena steril, tidak menghasilkan panas, tidak merusak sel-sel darah merah serta bisa langsung diterima oleh tubuh
  16. Cocok dikonsumsi sebagai minuman alami saat sedang menenangkan diri, meditasi, mengemudi, makan, berlari, aerobik, bekerja, berolahraga, atau jenis aktivitas lainnya
  17. Membantu tubuh melawan virus penyebab flu, herpes, dan AIDS
  18. Membantu mencegah osteoporosis
  19. Membantu mengontrol diabetes
  20. Menguatkan kesehatan fungsi tiroid
  21. Membantu membunuh parasit Giardia Lamblia
  22. Sumber energi cepat.
  23. Meredakan stres pankreas dan sistem enzim tubuh.
  24. Membantu mengtasi penyakit kandung empedu
  25. Membantu mengatasi infeksi jamur Candida
  26. Mencegah pertumbuhan mycoplasma.
  27. Jika anda masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain air kelapa
  28. Mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung
  29. Memperbaiki sirkulasi darah
  30. Membantu mengatasi eksem dan kulit pecah-pecah
  31. Sebagai obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada tangan dan kaki
  32. ......
1.000.000. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu, dapat menyembuhkan dan melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kulit mengering dan wajah menjadi lebih berseri

Kelebihan, Kegunaan & Manfaat Air Kelapa Buah Bagi Kesehatan Manusia

Sesuatu yang alami yang ada di sekitar kita biasanya suka kita remehkan dan acuhkan, padahal sesuatu yang biasa itu belum tentu tidak bermanfaat bagi kita. Jika diteliti sesuatu yang alami biasanya terkandung berbagai kandungan yang memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Buah kelapa adalah buah yang tidak lagi asing di telinga kita karena hampir setiap hari kita mungkin berhubungan dengan hasil dari tanaman kelapa secara langsung maupun tidak langsung. Buah kelapa memiliki banyak khasiat atau kelebihan yang di antaranya yaitu :

1. Membantu mengeluarkan dan memecah batu ginjal yang ada pada tubuh kita secara alami.
2. Dapat membantu membersihkan saluran pencernaan.
3. Dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah.
4. Mengobati gangguan kencing pada gejala susah buang air kecil.
5. Membantu mengatur tekanan darah serta fungsi organ jantung.
6. Meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.
7. Menghilangkan mabuk perjalanan darat, laut dan udara.
8. Tidak mengandung kolesterol dan tidak banyak lemak.
9. Dapat membantu mengobati jerawat dan gangguan kulit lain bila diusap (kelapa ijo).
10. Memiliki nutrisi lebih daripada susu penuh.
11. Dapat diolah menjadi berbagai produk bernilai tinggi.
12. Membantu meredakan/menyembuhkan sembelit dan penyakit/gangguan pencernaan.
13. Membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain
14. Sebagai obat luka, gatal-gatal eksim, kulit pecah-pecah, dll.
15. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya mulai dari air, buah, daun, batang, akar, dan sebagainya.

10 komentar:

  1. makasih infonya gan...
    sip
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. KelapA degan wulung kitA bisA mendaptkannyA di manA

    BalasHapus
  3. Belum nyampe 1001 manfaat gan.. :-D

    BalasHapus
  4. Air krlapa wulung di magelang banyak gan

    BalasHapus
  5. Air krlapa wulung di magelang banyak gan

    BalasHapus
  6. Bermanfaat sekali infonya...lengkap lagi..thx.

    BalasHapus

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!
AKU CINTA NUSANTARAKU

KEBERLANGSUNGAN

Sedekah(Bisa Menunda Kematian)
KLCK aja ICON dibawah untuk Baca berita
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...