primbon


Web Site Hit Counters

Sejak:17 Agustus 2013
DAFTAR SAHABAT YG MASUK The truth seeker
Tidak harus menjadi yang pertama,yang penting itu menjadi orang yang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati.


Disclaimer:Artikel,gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain,
dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut.Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama,
mohon beritahu kami
e-mail primbondonit@gmail.com HOTLINE atau SMS 0271 9530328

GAMBAR-GAMBAR dibawah ini BUKAN HANYA IKLAN tapi merupakan LINK SUMBER




Bagi sebagian masyarakat yang mengklaim diri sebagai masyarakat peradaban modern,westernism bahkan sebagian yang mengesankan perilaku agamis yakni hanya bermain-main sebatas pada simbol-simbol agama saja tanpa mengerti hakekatnya,dan kesadarannya masih sangat terkotak oleh dogma agama-agama tertentu.Manakala mendengar istilah mistik,akan timbul konotasi negatif.Walau bermakna sama,namun perbedaan bahasa dan istilah yang digunakan,terkadang membuat orang dengan mudah terjerumus ke dalam pola pikir yang sempit dan hipokrit.Itulah piciknya manusia yang tanpa sadar masih dipelihara hingga akhir hayat.Selama puluhan tahun,kata-kata mistik mengalami intimidasi dari berbagai kalangan terutama kaum modernism,westernisme dan agamisme.Mistik dikonotasikan sebagai pemahaman yang sempit,irasional,dan primitive.Bahkan kaum mistisisme mendapat pencitraan secara negative dari kalangan kaum modern sebagai paham yang kuno,Pandangan itu salah besar.Tentu saja penilaian itu mengabaikan kaidah ilmiah.Penilaian bersifat tendensius lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri,kepentingan rezim,dan kepentingan egoisme(keakuan).Penilaian juga rentan terkonaminasi oleh pola-pola pikir primordialisme dan fanatisme golongan,diikuti oleh pihak-pihak tertentu hanya berdasarkan sikap ikut-ikutan,dengan tanpa mau memahami arti dan makna istilah yang sesungguhnya.Apalagi dalam roda perputaran zaman sekarang,di mana orang salah akan berlagak selalu benar.Orang bodoh menuduh orang lain yang bodoh.Emas dianggap Loyang.Besi dikira emas.Yang asli dianggap palsu,yang palsu dibilang asli.Semua serba salah kaprah,dan hidup penuh dengan kepalsuan-kepalsuan.Untuk itulah Warisjati merangkum beragam artikel dari beberapa sumber tentang pengetahuan Budaya dan tradisi di Nusantara yang merupakan warisan para leluhur yang sarat akan makna dan berbagai artikel lainnya yang saling melengkapi.Dengan harapan membangun sikap arif dan bijaksana dan mengambil pelajaran serta pengetahuan dari budaya masa lalu sebagai warisan leluhur di Nusantara ini.

ORANG YANG DENGAN MUDAHNYA MENGATAKAN SESAT KEPADA SESEORANG
ADALAH ORANG YANG TIDAK atau BELUM PAHAM AKAN DIRINYA SENDIRI



Minggu, 23 Maret 2014

GAMBAR BAJU/PAKAIAN ADAT INDONESIA–PAKAIAN ADAT NUSANTARA

NUSANTARA 

GAMBAR BAJU/PAKAIAN ADAT INDONESIA–PAKAIAN ADAT NUSANTARA

Pakaian Adat Tradisional Indonesia merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia dan banyak dipuji oleh negara-negara lain.Dengan banyaknya suku-suku dan provinsi yang ada di wilayah negara Indonesia,maka otomatis pula banyak sekali macam-macam baju adat yang dipakai oleh masing-masing suku di seluruh provinsi Indonesia.Karena dari banyaknya suku-suku yang ada di Indonesia memiliki ciri-ciri khusus dalam pembuatan ataupun dalam mengenakan Pakaian Adat tersebut.
mungkin semuanya sudah pada tau,namun tak ada salahnya kita menyegarkan lagi ingatan,kalo kita terdiri dari beranekaragam kebudayaan.

Dibawah ini Anda dapat melihat berbagai nama-nama pakaian adat Indonesia yang tersebar di 33 provinsi yang ada di seluruh nusantara.

  • BAJU ADAT ACEH/Pakaian Adat Aceh 

Pakaian tradisional aceh biasa disebut Ulee Balang.Pakaian tersebut biasanya digunakan oleh para raja dan keluarganya.
Pakaian Adat Aceh"Ulee Balang"
SBY dan Ny SBY menggunakan pakaian ada Minang.
Yudhoyono mendapat gelar“Yang Dipertuan Maharajo Pamuncak Sari Alam,”sedangkan Nyonya Ani mendapat gelar“Puan Puti Ambun Suri”.

Di jaman dahulu khususnya di Aceh Barat telah terbentuk sejenis pelapisan sosial masyarakat sehingga pakaian adat disana tampil dengan beragam variasi seperti:

  1. Ulee Balang,busana untuk para raja beserta keluarganya
  2. Ulee Balang busana untuk Cut dan para Ulama
  3. Patut-patut(pejabat negara),pakaian untuk para tokoh masyarakat cerdik pandai
  4. Rakyat jelata
  • BAJU ADAT SUMATERA UTARA/PAKAIAN ADAT SUMATERA UTARA 

Pakaian tradisional Sumatera Utara biasa disebut dengan Ulos.Pakaian adat Ulos dianggap oleh masyarakat suku Batak Karo sebagai ajimat yang mempunyai daya magis tertentu.
Pakaian Adat Sumatra Utara"Ulos"

  • BAJU ADAT SUMATERA BARAT/PAKAIAN ADAT SUMATERA BARAT 

Pakaian tradisional Sumatera Barat di bagi menjadi 2 yaitu Pakaian Penghulu dan Pakaian Adat Bundo Kanduang yang terdapat di daerah Minangkabau Sumatra Barat.
Pakaian Panghulu minangkabau pakaian adat minangkbau pakaian adat sumatera barat 205x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Penghulu
artis-marshanda-dengan-pakaian-adat-pelaminan-minang
Pakaian Adat Sumatra Barat"Bundo Kanduang"
Pakaian Pengantin adat Minang
Pakaian Adat Padang

  • BAJU ADAT RIAU/PAKAIAN ADAT RIAU 

Pakaian Adat di Riau biasa disebut dengan Pakaian Tradisional Melayu. 
Ada 3 macam Pakaian Adat Melayu yang ada di Riau,tergantung dari daerah tersebut.
pakaian adat melayu Siak Riau pakaian tradisional melayu Siak Riau Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Melayu"Siak Riau"
pakaian tradisional melayu Indragiri Riau pakaian adat nusantara melayu Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Melayu"Indragiri Riau"
pakaian adat melayu Bengkalis Riau Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat"Bengkalis Riau"


  • BAJU ADAT JAMBI/PAKAIAN ADAT JAMBI 

Pakaian tradisional Jambi seperti yang ada di daerah Pulau Sumatera yang lain,juga disebut dengan pakaian Adat Melayu.Pakaian adat melayu Jambi biasanya lebih mewah daripada pakaian yang digunakan sehari-hari karena disulam dengan benang emas dan dihiasi dengan berbagai hiasan untuk kelengkapannya.
Pakaian Adat Melayu Jambi


  • BAJU ADAT SUMATERA SELATAN/PAKAIAN ADAT SUMATERA SELATAN 

Pakaian tradisional masyarakat Sumatera Selatan biasa disebut dengan nama Aaesan Gede.Baju adat ini terinspirasi dari zaman kerajaan Sriwijaya yang dulunya berjaya di daerah Sumatera Selatan.
Pakaian Adat Sumatera Selatan Aesan Gede


  • BAJU ADAT BENGKULU/PAKAIAN ADAT BENGKULU 

Pakaian Adat Bengkulu

  • BAJU ADAT LAMPUNG/PAKAIAN ADAT LAMPUNG 

Pakaian tradisional Lampung biasanya di dominasi oleh warna putih dengan diselingi motif warna merah dan kuning keemasan sehingga terkesan putih bersih namun tetap terlihat elegan.
Pakaian Adat Lampung

  • BAJU ADAT BANGKA BELITUNG/PAKAIAN ADAT BANGKA BELITUNG 

Pakaian pengantin tradisional Bangka Belitung biasa disebut dengan nama“Paksian”.Pengantin perempuan biasanya memakai baju kurung berwarna merah yang berbahan kain sutra.Kepala mempelai wanita biasanya memakai mahkota yang biasa disebut dengan nama Paksian.Sedangkan pengantin pria menggunakan Sorban atau yang biasa disebut masyarakat Bangka Belitung sebagai Sungkon.
Pakaian Adat Bangka Belitung

  • BAJU ADAT JAKARTA/PAKAIAN ADAT DI JAKARTA 

Pakaian tradisional Jakarta biasa disebut dengan nama Pakaian Adat Betawi yang dipengaruhi dari berbagai corak masyarakat Jakarta yang sangat beragam diantaranya dipengaruhi oleh budaya Arab,China,Melayu dan Budaya Barat.
Pakaian Adat Pengantin Betawi

BAJU ADAT JAWA BARAT/ 
PAKAIAN ADAT JAWA BARAT 
pakaian adat Jawa Barat pakaian tradisional Jawa Barat busana adat Jawa Barat Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Jawa Barat Jabar
Jawa Barat memiliki pakaian adat yang berbeda untuk laki-laki dan perempuan.Kain kebaya pada dasarnya digunakan perempuan di semua lapisan,baik rakyat biasan maupun bangsawan.Perbedaannya mungkin hanya pada bahan kebaya yang digunakan serta corak hiasnya.

BAJU ADAT JAWA TENGAH/ 
PAKAIAN ADAT JAWA TENGAH 
Pakaian Adat Jawa Tengah Jateng
Pakaian adat Jawa Tengah identik dengan penggunaan kain kebaya dengan motif batik,dimana batik yang digunakan merupakan batik tulis yang masih tergolong asli.

BAJU ADAT JAWA TIMUR/ 
PAKAIAN ADAT JAWA TIMUR 
pakaian adat Jawa Timur pakaian tradisional Jawa Timur 204x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Jawa Timur Jatim
pakaian adat madura pakaian tradisional madura baju adat madura 292x300 Pakaian Adat Tradisional Indonesia
Pakaian Adat Madura
Pakaian khas Madura biasa disebut pesa’an.Pakaian ini terkesan sederhana karena hanya berupa kaos bergaris merah putih dan celana longgar.Untuk wanita biasa menggunakan kebaya.

BAJU ADAT/PAKAIAN ADAT DI YOGYAKARTA 
Pakaian Adat Yogyakarta
Pakaian tradisional masyarakat Yogyakarta terdiri dari seperangkat Pakaian tradisional yang memiliki unsur unsur yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya.Kelengkapan berbusana tersebut merupakan ciri khusus pemberi identitas bagi pemakainya yang meliputi fungsi dan peranannya.Oleh karena itu,cara berpakaian biasanya sudah dibakukan secara adat,kapan dikenakan,di man dikenakan,dan siapa yang mengenakannya.

BAJU ADAT BANTEN/PAKAIAN ADAT BANTEN 
Baju Pangsi
Masyarakat Baduy masih mengenakan pakaian adatnya dalam kehidupan sehari-hari.Baduy Dalam sering mengenakan pakaian adat berwarna putih yang melambangkan kesucian.Sementara Baduy Luar mengenakan pakaian adat berwarna hitam.

BAJU ADAT BALI/PAKAIAN ADAT BALI
Pakaian Adat Bali
Pakaian daerah Bali sesungguhnya sangat bervariasi,meskipun secara selintas kelihatannya sama.Masing-masing daerah di Bali mempunyai ciri khas simbolik dan ornamen,berdasarkan kegiatan/upacara,jenis kelamin dan umur penggunanya.Status sosial dan ekonomi seseorang dapat diketahui berdasarkan corak busana dan ornamen perhiasan yang dipakainya.

Baju Adat/Pakaian Adat Nusa Tenggara Timur NTT
Pakaian Adat Nusa Tenggara Timur NTT
Ti’langga merupakan aksesoris dari pakaian tradisional untuk pria Rote.Untuk wanita,biasanya mengenakan baju kebaya pendek dan bagain bawahnya mengenakan kain tenun.

Baju/Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat NTB
Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat NTB
Pakaian adat Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah Pakaian Adat Lombok.

Baju/Pakaian Adat Kalimantan Barat
Pakaian Adat Kalimantan Barat
SUKU DAYAK KALIMANTAN BARAT
Pakaian ini adalah pakaian yang digunakan sudah sejak dulu oleh masyarakat Kalimantan Barat.Pakaian adat Kalimantan Barat berbahan kulit kayu yang diproses menjadi kain kulit kayu yang digunakan sebagai bahan pakaian adat Kalimantan Barat adalah Kulit kayu kapuo atau ampuro.Kulit kayu tersebut dipukul termasuk di pukul di dalam air menggunakan pemukul yang berbentuk bulat.Kemampuan mengolah kulit kayu menjadi kain oleh masyarakat merupakan kemampuan yang secara turun temurun diturunkan oleh nenek moyang.

Baju/Pakaian Adat Kalimantan Tengah
Pakaian Adat Kalimantan Tengah
Pengantin pria Kalimantan Tengah memakai celana panjang sampai lutut,selempit perak atau tali pinggang dan tutup kepala.Perhiasan yang dipakai adalah inuk atau kalung panjang,cekoang atau kalung pendek dan kalung yang terbuat dari gigi binatang.Pengantin wanita memakai kain berupa rok pendek,rompi,ikat kepala dengan hiasan bulu enggang,kalung dan subang.

Baju/Pakaian Adat Kalimantan Timur
Pakaian Adat Kalimantan Timur
Orang Kalimantan Timur(Kaltim)biasanya mengenakan pakaian khas mereka bergantung fungsi dan penggunaan.Pakaian yang dikenakan untuk bepergian berbeda dengan pakaian sehari-hari.Apalagi pakaian untuk acara dan upacara-upacara tertentu.Begitu pula pakaian yang dikenakan untuk menari pun berbeda dengan pakaian lainnya.Pakaian adat yang dimiliki masyarakat Kaltim biasa dikenakan pada saat upacara,perkawinan,tarian,dan sebagainya.

Baju/Pakaian Adat Kalimantan Selatan
Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut
Image
Ada beberapa jenis pakaian adat Suku Banjar yang berasal dari provinsi Kalimantan Selatan.Antara lain Pengantin Bagajah Gamuling Baular LulutPengantin Baamar Galung Pancar MatahariPengantin Babaju Kun Galung PacinanPengantin Babaju Kubaya Panjang.

Baju/Pakaian Adat Kalimantan Utara
Provinsi Kalimantan Utara (KALTARA)Ibukota nya adalah Tanjung Selor
Pakaian Adat Kalimantan Utara.
Provinsi Kalimantan Utara dapat dikatakan provinsi yang paling muda dalam sejarah berdirinya negara Indonesia.Provinsi ini juga sekaligus provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.Awalnya provinsi ini termasuk kedalam provinsi Kalimantan Timur sehingga untuk suku bangsa dan kebudayannya pun mirip dengan Kalimantan timur.

Baju/Pakaian Adat Sulawesi Utara
Pakaian Adat Sulawesi Utara

Untuk pria biasanya terletak pada motif hiasan di dada dan penutup kepala mereka, untuk wanita biasanya terletak pada hiasan di kepala serta gelang yang dipakainya.

Baju/Pakaian Adat Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tengah (SULTENG) Ibukota nya adalah Palu
Pakaian Adat Sulawesi Tengah

Baju Nggembe adalah busana yang dipakai oleh remaja putri untuk Upacara Adat atau pesta. Baju Nggembe berbentuk segi empat, berkerah bulat berlengan selebar kain, panjang blus sampai pinggang dan berbentuk longgar.

Baju/Pakaian Adat Sulawesi Selatan
Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Baju/Pakaian Adat Toraja (Sulawesi Selatan)
Provinsi Sulawesi Selatan (SULSEL) Ibukota nya adalah Makassar
Pakaian Adat Toraja

Baju/Pakaian (Sulawesi Selatan)
Baju bodo  adalah pakaian tradisional perempuan Bugis,  Sulawesi,  Indonesia. Baju bodo berbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia

Baju/Pakaian Adat Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Tenggara (SULTRA) Ibukota nya adalah Kendari
Pakaian Adat Sulawesi Tenggara
Pakaian adat Provinsi Sulawesi Tenggara  adalah Pakaian Adat Suku Tolaki

Baju/Pakaian Adat Sulawesi Utara
Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) Ibukota nya adalah Manado

Pakaian Adat Sulawesi Utara = Kulavi ( Donggala )
Untuk pria biasanya terletak pada motif hiasan di dada dan penutup kepala mereka, untuk wanita biasanya terletak pada hiasan di kepala serta gelang yang dipakainya.

Baju/Pakaian Adat Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tengah (SULTENG) Ibukota nya adalah Palu
Pakaian Adat Sulawesi Tengah=Baju Nggembe
Baju Nggembe adalah busana yang dipakai oleh remaja putri untuk Upacara Adat atau pesta. Baju Nggembe berbentuk segi empat, berkerah bulat berlengan selebar kain, panjang blus sampai pinggang dan berbentuk longgar.

Baju/Pakaian Adat Gorontalo
Pakaian Adat Gorontalo
Dalam acara pernikahan pakaian daerah khas Gorontalo disebut Biliu (pakaian pengantin putri) dan Mukuta (pakaian pengantin putra). Pakaian adat Gorontalo umumnya mempunyaitiga warna dan memiliki arti tertentu yaitu warna ungu, warna kuning keemasan, dan warna hijau

Baju/Pakaian Adat Maluku
Provinsi Maluku Ibukota nya adalah Ambon

Baju Cele = Pakaian Adat Maluku
Baju Cele bermotif garis-garis geometris atau berkotak-kotak kecil. Biasanya, baju Cele dikombinasikan dengan kain sarung yang warnanya tidak terlalu jauh berbeda, yang penting harus seimbang dan serasi. Baju cele dipakai dalam upacara-upacara adat

Baju/Pakaian Adat Maluku Utara
Provinsi Maluku Utara Ibukota nya adalah Ternate sekarang Sofifi
Pakaian Adat Maluku Utara =Pakaian Manteren Lamo
Pakaian Manteren Lamo (Sultan) yang terdiri atas celana panjang hitam dengan bis merah memanjang dari atas ke bawah, baju berbentuk jas tertutup dengan kancing besar terbuat dari perak berjumlah sembilan . Sementara itu, leher jas, ujung tangan, dan saku jas yang terletak di bagian luar berwarna merah.

Baju/Pakaian Adat Papua
Provinsi Papua Ibukota nya adalah Jayapura
Pakaian Adat Papua

Baju/Pakaian Adat Papua Barat
Provinsi Papua Barat Ibukota nya adalah Kota Manokwari
Pahatan Tradisional Suku AsmatKamoro Woman
Pakaian Adat Papua Barat disebut = Ewer

6 komentar:

  1. Bangga akan Budaya dan Kemegahan pakaian Adat Nusantara.
    Mari kita Kembalikan keagungan budaya dan Adat Nusantara,Dimulai dari diri kita masing masing.

    BalasHapus
  2. Agenpoker.biz merupakan solusi judi poker online terbaik dalam permainan poker. Segera daftarkan diri anda dan dapatkan Bonus Depo Awal Member Baru dan juga Bonus Pulsa hanya di AGENPOKER.BIZ , Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !!!!

    BalasHapus
  3. Dapatkan perhiasan yang indah secara online di Situs Hadiah Pengiriman di Indonesia . Ini memiliki koleksi terbaik!


    Hadiah Ulang Tahun (=^.^=)
    Bunga Papan (^ _ ^)

    BalasHapus

SEMANGAT PAGI....SUKSES Untuk SEMUA
JIKA ANDA PIKIR BISA PASTI BISA..!
Maaf apabila dalam pengambilan GAMBAR dirasa VULGAR
(Gambaran ini Hanyalah FAKTA sesuai dengan ASLINYA)
dan TIDAK Mutlak untuk diperdebatkan......................!!!
AKU CINTA NUSANTARAKU

KEBERLANGSUNGAN

Sedekah(Bisa Menunda Kematian)
KLCK aja ICON dibawah untuk Baca berita
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...